Kandungan Fluoride dalam Pasta Gigi Bermanfaat atau Berbahaya

Kandungan Fluoride dalam Pasta Gigi Bermanfaat atau Berbahaya



Sekian hari waktu lalu penuli membaca artikel di internet yang menyebutkan bahwa flour beresiko untuk badan. Dalam artikel itu menyebutkan bahwa Flouride dapat mengakibatkan kanker tulang, oestoporosis, permasalahan persendian, turunnya kandungan testoteron serta estrogen, serta mampu mengkorosi susunan enamel gigi.

Penulis penasaran, apakah floride sebahaya itu? walau sebenarnya nyaris seluruhnya pasta gigi yang beradar di market, terutama di Indonesia. Bahkan juga produsen pasta gigi sangatlah membanggakan pemakaikan floride dalam pasta giginya. Lantaran penasaran, pada akhirnya penulis coba ajukan pertanyaan pada mereka yang dikira memahami tentang flouride lewat website tanyapepsodent. Suatu website punya produsen pasta gigi terpenting di Indonesia yang ditujukan untuk memberi jawaban atas tentang beberapa hal yang terkait perihal kesehatan gigi.

Pertanyaan penulis seperti dibawah ini

mau bertanya, apakah kandungan Fluoride dalam pasta gigi pepsoden dalam dosis yang aman? bila ia berapakah %?
saya membaca artikel di internet yang menyebutkan nyatanya walau Fluoride itu baik untuk gigi, namun tak baik untuk badan.

https :// www. facebook. com/note. php? note_id=10150099938235823

http :// iebe03. wordpress. com/2011/11/15/bahaya-fluoride-dalam-air-minum-kemasan-dan-pasta-gigi/

Jawaban dari website bertanya pepsodent

Dear Vicky,
FLUOR DALAM PASTA GIGI

Makin maju tehnologi, makin terbuka juga peluang orang untuk tahu semua jenis hal, terlebih dari dunia maya. Tiap-tiap orang dapat terhubung data serta info yang keduanya mungkin tidak sama bahkan juga sangatlah bertentangan. Misalnya perihal Fluoride ini, perihal Merkuri, Formalin, perihal pemanis buatan Aspartam, atau bumbu masak MSG, dsb. dst.

Spesial untuk Pemakaian Fluoride yang hingga sekarang ini digunakan dalam banyak pasta gigi serta di banyak negara didunia. Sedemikian jauh belum di ketahui ada larangan menggunakan Fluor oleh lembaga resmi seperti Tubuh POM Departemen Kesehatan RI, Persatuan Dokter Gigi Indonesia, bahkan juga di tingkat dunia seperti WHO (World Health Organisation = Organisasi Kesehatan Dunia – sisi dari PBB) serta FDI (Federation Dentaire Internationale = Federasi Dokter Gigi Internasional). Terlebih bila pada sekarang ini kita mencari pasta gigi tanpa ada fluor, jangan-jangan jadi usaha percuma belaka, lantaran bisa disebut seluruhnya pasta gigi menggunakan Fluoride. Apabila ada produsen “membanggakan” hal semacam ini, lantaran menurut riset memanglah dapat dibuktikan bahwa pemakaian Fluor ini dapat menghimpit angka peristiwa karies gigi.
Sudah pasti seluruhnya obat bahkan juga makanan keseharianpun, apabila dikonsumsi tak sesuai sama ketetapan mungkin saja toksin/merugikan kesehatan badan.

Semoga info di bawah ini dapat melengkapi pemahaman kita perihal Fluor dalam pasta gigi.
1. Sebenarnya apakah Fluor itu?

a. Fluor adalah bahan alami yang terdapat banyak dalam tanaman serta binatang, serta adalah ion fluorine yang didapati dalam jaringan hidup, terlebih jaringan yang bermineralisasi seperti e-mail gigi serta tulang. Banyak type makanan serta minuman yang memiliki kandungan bahan ini, termasuk juga sebagian type ikan serta teh.
b. Fluor ada dalam nyaris seluruhnya air alam fresh, terlebih air laut. Lantaran kandungan ini cuma sedikit, pengukurannya dikerjakan dalam unit sisi per sejuta (part per million) atau ppm. Juga sebagai misal, di air laut kandungan ini sekitar pada 0. 8 – 1. 4 ppm. Dengan kata lain, untuk tiap-tiap sejuta sisi air cuma ada 0. 8 hingga 1. 4 sisi fluoride saja.
c. Fluor ini sebenarnya bahan alami serta sekalipun bukanlah bahan buatan. Tak tiap-tiap orang memiliki kandungan fluor cukup didalam badannya. Tetapi, mereka yang lantaran satu karena kekurangan bahan ini, bisa memperbaikinya dengan beragam cara. Awal mulanya, dampak yang sangatlah berguna dari Fluor ini diketemukan lantaran gigi-gigi masyarakat di daerah geografis spesifik nyatanya alami rusaknya gigi lebih sedikit di banding daerah yang lain. Analisa yang jeli nyatanya menunjukkan bahwa beberapa orang yang suplai air minumnya memiliki kandungan kandungan fluor alami sejumlah 1 ppm, mempunyai rusaknya gigi setengahnya saja di banding mereka yang konsumsi air tanpa ada fluor.
2. Apakah yang dimaksud FLUORIDASI?

Hingga sekarang ini di kenal dua cara pemakaian fluor, yakni dengan cara kolektif serta perseorangan. Fluoridasi air minum, garam dapur, atau bahan yang lain yaitu misal cara kolektif untuk meraih beberapa besar orang sekalian. Di lain pihak, menggosok-gosok gigi dengan odol yang memiliki kandungan fluor, atau pemakaian tablet, obat beri fluor, atau makanan yang memiliki kandungan fluor, dsb. yaitu misal pemakaian dengan cara perseorangan.
3. Fluoridasi dapat diberikan lewat cara apa?

Fluor ada didalam pasta gigi, obat kumur, tablet serta obat tetes untuk bayi serta anak balita yang belum dapat menelan tablet. Diluar itu, di sebagian negara fluor dapat pula didapat lewat suplai air minum dari Perusahaan Air Minum. Seluruhnya ini dipakai untuk menolong menghindar rusaknya gigi. Mulai sejak diketemukannya dampak yang untungkan ini, banyak kelompok orang-orang mengambil keputusan sesuaikan kandungan fluor dalam suplai air minumnya hingga mendekati 1 ppm, yang dapat dibuktikan juga sebagai kandungan yang untungkan/berguna untuk kesehatan gigi
4. Amankah penggunaan Fluor untuk badan?

Pernah dipertanyakan apakah fluor bisa mengakibatkan kanker ; namun nyatanya dengan cara ilmiah hal semacam ini tak dapat dibuktikan. Jadi, berbentuk apapun, apabila fluor ini dipakai sesuai sama panduan pemakaiannya, dapat dibuktikan aman serta tak menyebabkan dampak samping. Tetapi, seperti seperti tiap-tiap pemakaian senyawa yang berbentuk juga sebagai obat, orang-orang disuruh selalu untuk waspada.
Meskipun pemakaian fluor dapat dibuktikan aman, pemakaiannya dengan cara systemik (misal : yang diminum) atau berbentuk pasta gigi untuk anak-anak (dibawah umur 25 bln.) seyogyanya senantiasa dibawah pengawasan orangtua. Pemakain fluor dengan cara systemik umumnya diberikan pada anak-anak yang tinggal di daerah yang dapat dibuktikan kekurangan fluor. Karena, dosis terlalu berlebih fluor dapat pula mengakibatkan kelainan yang umum dimaksud Fluorosis. Hal sama dapat pula berlangsung pada ibu hamil yang periode perkembangan gigi pada janinnya tengah berjalan.
5. Apakah Fluor dapat mengakibatkan kelainan?

Kelainan yang dimaksud fluorosis atau mottled enamel ini adalah hipoplasia e-mail serta karena sebab mengkonsumsi/minum air berkadar fluor terlampau tinggi sepanjang masa perubahan gigi. Hal semacam ini ditandai dengan cacatnya kalsifikasi dan berikan deskripsi e-mail berwarna putih kapur, yang berangsur-angsur beralih jadi warna coklat.
6. Bagaimanakah Fluoridasi itu dikerjakan dalam program pencegahan rusaknya gigi?

Fluoridasi yaitu pemakaian garam fluorida, umpamanya di air minum, dengan maksud kurangi sistem terjadinya karies gigi. Fluor di kenal juga sebagai elemen yang mutlak dibutuhkan untuk pembentukan tulang serta gigi. Selain itu, dari penelitian-penelitian mulai sejak beberapa puluh th. lantas, nyatanya di beberapa daerah yang air minumnya memiliki kandungan kandungan fluor cukup tinggi, sedikit didapati terjadinya karies gigi.
6. Bagaimanakah kebijakan Depkes RI dalam pemakaian pasta gigi yang memiliki kandungan fluor?

1 Response to "Kandungan Fluoride dalam Pasta Gigi Bermanfaat atau Berbahaya"

  1. Kandungan fluoride sangat berbahaya . Pasta gigi tanpa fluoride CMPI sekarang hadir di Indonesia. CleanMe Pasta Gigi Isomalt adalah pasta gigi pertama di Indonesia yang bebas flouride dan mengandung isomalt sehingga efektif mencegah kerusakan gigi, mencegah terbentuknya plak dan karang gigi serta mencegah bau mulut.

    BalasHapus

wdcfawqafwef